11 Fakta Menarik Mengenai Piala Dunia

Piala dunia Brazil 2014
Piala Dunia Brazil 2014
Diadakan setiap empat tahun sekali, Piala Dunia telah menjadi ajang yang paling bergengsi dan acara olahraga yang paling banyak ditonton dalam sejarah. Dimulai pada tahun 1930, Piala Dunia telah dilaksanakan sebanyak 19 kali pada 2010, kecuali di tahun 1942 dan 1946 Piala Dunia tidak di laksanakan karena perang dunia kedua. Juara Piala Dunia terakhir adalah Spanyol pada tahun 2010 dan sebelumnya adalah Italia pada tahun 2006. Pemegang rekor terbanyak sebagai juara saat ini adalah Brasil, yang telah memenangkan Piala Dunia lima kali, diikuti oleh Italia, dengan empat gelar.

Berikut adalah 11 fakta menarik dari Piala Dunia. Silakan menikmati dan mempersiapkan diri anda semua untuk Piala Dunia 2014 yang akan diadakan di Brasil!

  1. Piala Dunia pertama dimulai pada 13 Juli 1930 dengan Perancis mengalahkan Meksiko 4-1 di Uruguay. Pemenang gelar pertama adalah sang tuan rumah Uruguay, mengalahkan Argentina 4-2 di depan kerumunan 93.000 penonton.
  2. Trofi Piala Dunia baru diganti pada tahun 1974 dan diberikan kepada pemenang Jerman. Desain ini digambar oleh artis Italia Silvio Gazzaniga. Trofi ini terbuat dari emas 18 karat.
  3. Pemain tertua yang bermain di Piala Dunia adalah Roger Milla dari Kamerun. Dia 42 tahun ketika dia bermain untuk terakhir pada tahun 1994 melawan Rusia.
  4. Pemain termuda yang pernah bermain di final adalah pemuda Irlandia Utara yaitu Norman Whiteside. Usianya 17 tahun ketika ia bermain di pertandingan tahun 1982 ketika negaranya menghadapi Yugoslavia.
  5. Sebelum piala dunia tahun 2010, negara tuan rumah Piala Dunia FIFA selalu lolos dari babak penyisihan grup. Afrika Selatan pada tahun 2010 adalah tim yang pertama gugur di babak penyisihan.
  6. Selama 19 kali turnamen ini dilangsungkan dari tahun 1930 sampai 2010, Brasil selalu tampil di putaran final Piala dunia.
  7. Pemain pertama yang mencetak hat-trick di piala dunia adalah Bert Patenaude dari Amerika Serikat pada 1930 ketika melawan Paraguay. Skor akhir adalah 3-0 untuk kemenangan Amerika Serikat.
  8. Eropa mengalahkan Amerika Selatan dalam perolehan gelar juara piala dunia yaitu 10 berbanding 9 dari total juara setelah Spanyol memenangi gelar pertama mereka di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Amerika Selatan memiliki Brasil yang telah memenangkan lima kali, sementara Argentina dan Uruguay masing-masing telah memenangkan dua kali. Di pihak eropa, Italia telah memenangkan empat kali, Jerman tiga kali, dan Inggris, Perancis, serta Spanyol masing-masing dengan satu gelar juara.
  9. Tujuh pemain secara total telah berpartisipasi dalam Piala Dunia untuk dua negara yang berbeda. Puskás (Hungaria dan Spanyol), Altafini (Brasil dan Italia), Monti (Argentina dan Italia), Santamaria (Uruguay dan Spanyol), Jarni (Yugoslavia dan Kroasia), Demaria (Argentina dan Italia), dan Prosinecki (Yugoslavia dan Kroasia).
  10. Dalam sejarah Piala Dunia, hanya ada dua pemain yang berhasil memenangkan Piala Dunia baik sebagai pemain dan sebagai pelatih. Mario Zagallo dari Brasil, 1958/1962 sebagai pemain dan 1970 sebagai pelatih; dan Franz Bechenbauer dari Jerman pada tahun 1974 sebagai kapten dan 1990 sebagai pelatih.
  11. Untuk pertama kalinya dalam sejarah piala dunia, dua Gol bunuh diri terjadi di Piala Dunia adalah pada tahun 2002 ketika Amerika Serikat bermain melawan Portugal di penyisihan grup. Jorge Costa (Portugal) mencetak gol ke gawang sendiri pada menit ke 30, diikuti oleh Jeff Agoos (Amerika Serikat) di menit ke-82. Skor akhir adalah 3-2, dan Amerika Serikat melanjutkan ke putaran kedua.
Itulah sedikitnya ada 11 fakta mengenai piala dunia, sebenarnya masih banyak fakta-fakta unik dan menarik lainnya, tapi cuma ini yang sementara bisa saya berikan. Fakta lainnya mengenai Piala Dunia adalah mengapa pemain sepak bola cenderung untuk bekerja lebih keras di klub mereka masing-masing ketimbang untuk tim nasional mereka? Baiklah daripada pusing-pusing memikirkan fakta-fakta mengenai piala dunia ini, lebih baik kita belanja merchandise piala dunia di toko alfamart aja hehe.....he.

Salam

Search Form

Powered by Blogger